CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Kamis, 22 Oktober 2009

PEMERINTAHAN RI TERBARU


Tiga Tantangan Utama Tim Ekonomi SBY 

SBY telah mengumumkan susunan kabinet pada Rabu malam, 21 Oktober 2009.
Kamis, 22 Oktober 2009, 07:47 WIB
Heri Susanto
Gedung pekantoran di kawasan Kuningan, Jakarta (VIVAnews/Tri Saputro) 


BERITA TERKAIT
BPS Cemas Kabinet Baru Disambut Inflasi 2010
Program 100 Hari SBY Fokus Stabilitas Ekonomi
Program 100 Hari Bisa Jerat SBY Sendiri
Menkeu: Banyak Pegawai Depkeu Tak Kompeten
Program Quick Wins, Ramuan Baru SBY
web tools
   
   

VIVAnews - Tim ekonomi kabinet baru pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono menghadapi tiga tantangan utama dalam menjalankan pembangunan ekonomi lima tahun mendatang. 

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Ekonom BNI, Tony Prasetiantono kepada VIVAnews di Jakarta, Kamis, 22 Oktober 2009. Ini menyusul terbentuknya susunan kabinet baru yang diumumkan oleh Presiden SBY tadi malam, Rabu, 21 Oktober 2009. Tim ekonomi dipimpin oleh Hatta Rajasa sebagai Menko Perekonomian.

Tony mengungkapkan ketiga tantangan itu adalah sebagai berikut:  

Pertama, bagaimana merealisasikan proyek-proyek infrastruktur yang dapat mendorong efisiensi, menurunkan inflasi dan menarik investasi. 

Kedua, memperkuat struktur APBN melalui peningkatan penerimaan pajak dan rasio pajak sehingga bisa menyamai best practice di negara-negara tetangga yang baik, yakni 20 persen. Jika ini bisa dilakukan, maka ketergantungan utang akan berkurang. "Itu akan terjadi kemandirian fiskal," katanya.
 
Ketiga, mendorong terus industrialisasi yang bisa berkontribusi besar terhadap produk domestik bruto (PDB) sekaligus menyerap tenaga kerja. Sebab, persoalan utama adalah kemiskinan dan pengangguran.

0 komentar: